Kamis, 10 Mei 2012

cara menyusui yang mudah dan benar | bayi


Cara menyusui yang mudah dan benar





Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi. Tidak ada ilmu pengetahuan apapun yang menyangkal hal tersebut. Memberi asi adalah tanggung jawab ibu. Ibu adalah orang dianugerahi Tuhan kelebihan untuk melahirkan anak dan menyusui bayi.
Menyusui anak sebaiknya sedini mungkin, yaitu setelah bayi lahir. Hal ini biasa disebut inisiasi dini. Inisiasi dini bertujuan memberikan kekuatan baik fisik dan mental bayi dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang dan memberi kekuatan mental bagi bayi untuk menghadapi dunia luar.
Inisiasi dini memberikan kekebalan bagi tubuh bayi. Memberi asi pada minggu pertama kelahirannya sangat penting, karena air susu ibu mengandung colostrum. Colostrum adalah zat antibodi alami yang sangat sesuai dan pas untuk bayi. Colostrum juga tidak terdapat dalam susu formula khusus bayi dengan merek apapun.
Pemberian air susu ibu  akan memberikan banyak manfaat bagi bayi dan ibu. Bayi akan tahan terhadap berbagai macam penyakit termasuk penyakit akibat infeksi, bayi tidak mudah mengalami gangguan pencernaan dan bayi menjadi lebih dekat dengan ibu (ada ikatan batin antara ibu dan bayi). Hal tersebut tidak akan didapatkan bayi yang minum dari botol.
Cara menyusui bayi sebenarnya tidak sulit hanya perlu latihan cara menyusui yang baik dan benar. Latihan cara memberi asi  biasanya diajarkan oleh bidan, atau dokter setelah ibu melahirkan bayi, yaitu mulut bayi didekatkan dengan puting payudara ibu dengan cara digendong (bagian kepala disangga oleh salah satu tangan) dan tangan lainnya menempelkan puting susu pada mulut bayi.
Sebaiknya daerah sekitar areola (lingkaran puting susu) masuk dalam mulut bayi. Tujuannya mencegah udara terhisap dan masuk perut bayi. Udara yang terhisap dapat membuat bayi kembung. Memberi asi  tidak ada waktu khusus. Kapan saja di mana saja bila bayi mulai lapar dan haus, ibu dapat memberi asi.
Asi (air susu ibu) mempunyai kelebihan lain yaitu, semakin sering (frekuensi) bayi menyusu pada ibu semakin banyak produksi asi yang dihasilkan. Selain itu, dengan memberi asi pada bayi dapat menghemat pengeluaran untuk membeli susu formula.
Tips menyusui bayi yang tepat adalah saat bayi telah mandi. Karena mandi membuat badan segar dan bayi lebih bersemangat untuk menyusu.

Cara menyusui yang mudah dan benar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
hostgator coupon